Cari Blog Ini

Minggu, 08 November 2009

Mesin pendingin ialah suatu rangkaian pesawat yang mampu bekerja untuk menghasilkan suhu atau temperatur dingin. Mesin pendingin bisa juga berupa kulkas, freezer atau AC. AC adalah singkatan dari Air Conditioner ( Udara Sejuk ). Kulkas dan freezer fungsinya hampir sama. Namun AC fungsinya sebagai penyejuk atau pendingin suhu udara dalam ruangan.
 Adapun proses kerjanya adalah penguapan. Untuk mendapatkan penguapan diperlukan gas (udara) yang mencapai temperatur tertentu (panas). Setelah udara tersebut panas diubah agar kehilangan panas, sehingga terjadi penguapan. Disaat adanya penguapan, maka timbulah suhu didalam temperatur rendah (dingin).
Untuk mesin pendingin tidak bisa terjadi  dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses teknis. Yaitu menggunakan kerja mesin yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan temperatur dingin seperti yang diinginkan Pada mesin pendingin ada zat cair yang diuapkan sebagai bahan pendingin. Zat cair yang diuapkan tersebut dinamakan zat pendingin, istilah teknisnya ialah Refrigerant (bahan pendingin). Seorang teknisi mesin pendingin harus dapat menganalisa gejala-gejala dalam kerusakan sehingga cepat menemukan kerusakan tanpa membongkar bagian-bagian lain yang sebenarnya tidak rusak.
Berdasarkan latar belakang yang sudah diungkapkan diatas maka penulis dapat merumuskan masalah kerusakan biasnya sebagai berikut :
1. Kebocoran pada sistim
2. Sirkulasi pada sistim tersumbat
3. kompresi kompressor lemah
4. Sistim kelistrikan pada AC mobil
Bahan dan Peralatan untuk Perbaikan AC
Dalam melaksanakan penelitian ini, bahan maupun peralatan yang dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan penelitian adalah peralatan yang tersedia dalam bengkel tempat magang. hal ini dimulai dari pemasangan AC baru sampai dengan perawatan dan perbaikan. Untuk itu diperlukan bahan dan alat untuk melakupenelitian ini.
Bahan yang digunakan
Dalam melaksanakan penelitian pAenulis menggunakan bahan sebagai berikut :
1. Compressor ND
 2. Condenser
3. Receiver/Dryer
4. Expansion valve
5. Evaporator
6.Blower
7.Oli compressor
8.O-ring
9.Refrigerant HFC134a
10.Thermostat
11.Pipa/selang AC
12.Kabel
Alat yang digunakan Dalam melaksanakan penelitian pekerja mengunakan alat sebagai berikut :
1.Multi tester
2.Service tool AC
3.Dry bulb thermometer
4.Tachometer
5.Manifold gauge R134a
Perbaikan dlakukan langsung pada objeknya. Yaitu dengan cara sebagai berikut :
1. Memasang manifold gauge
2. Melakukan pengukuran
3. Menghidupkan mesin dan AC
4. Menjalankan mesin pada putaran stationer
5. Mengatur blower switch pada posisi Hi, temperatur kontrol pada max Hi
6. Memasang thermometer.
Kerusakan yang diamati sTekanan Refrigeran
 Disini kami mengamati dan menganalisa :
1. Jumlah refrigerant
2. Kebocoran
3. Sirkulasi refrigeran  

I
P
O
E
L

A
C

Tidak ada komentar: